Selasa, 13 November 2012

Jaringan LAN, MAN, WAN



1.      Sebutkan Perbedaan jaringan LAN, MAN, dan WAN ?
  • LAN
 LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Jarak Antar Prosesor LAN:
10 m Ruangan
100 m Gedung LAN
1 km Kampus
 
  • MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya
jarak Antar Prosesor MAN:
                10 km Kota
                100 km Negara
.
  • WAN
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN),
Jarak Antar Prosesor WAN:
1000 km Benua
 
maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
2.      Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan Masing- Masing Jaringan?

Beberapa keunggulan LAN:

* Pemakaian sumber daya secara bersama-sama
* Memungkinkan hubungan antar sistem dari beragam merk
* Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur    lalu lintas informasi
* Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif
* Lebih banyak terminal yang terhubung ke sistem
* Mengurangi pemakaian kabel jika dibandingkan dengan sistem conect one by one
* Memungkinkan komunikasi melalui e-mail
* Adanya pembakuan user interface
* Perlindungan investasi dan rahasia data karena adanya server pengatur dan password

Beberapa kelemahan LAN

* Instrumentasi tidak sederhana
* Ada kemungkinan password dapat ditembus
* Perlu pengendali pemakain software
* Software harus dirancang untuk multi user
* Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan)
* Virus mungkin dapat menBluetooth

Bluetooth

kadang disebut dengan wireless PAN (Personal Area Network). Bluetooth merupakan komunikasi wireless dua arah dengan jarak pendek, dengan daya rendah. Bluetooth pada dasarnya merupakan teknologi pengganti kabel yang memungkinkan dilakukannya komunikasi data secara wireless dengan jarak maksimum 10 meter (30 kaki). Teknologi Bluetooth digunakan pada perangkat seperti headset untuk ponsel,mouse, speaker, dan sebagainya.yebar melalui jarHotspot

Hotspot

 merupakan wireless LAN yang tersedia untuk publik pada lokasi seperti bandara, mal, kedai kopi atau kota tetengga. Hotspot memungkinkan user untuk mengakses jaringan secara gratis atau berbayar. Jaringan ini diinstslasi oleh individu, operator wireless LAN dan bahkan operator seluler sebagai pelengkap jaringan seluler mereka.

Meskipun jangkauan hotspot terbatas, mereka menyediakan cara alternatif dalam menyediakan akses data secarawireless buat publik. Sekuriti harus menjadi perhatian utama ketika menggunakan wireless LAN pada hotspot, karena bisa ssaja tidak ada sekuriti pada jaringan publik.ingan



MAN

Keuntungan dan kekurangan nya relative sama dengan LAN




-Keuntungan Jaringan WAN

1.Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.

2.Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.

3.Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu


-Perbedaan Jaringan LAN, MAN dan WAN

LAN: Local Area Network
MAN: Metropolitan Area Network
WAN: Wide Area Network

Yang membedakannya:
1. Jangkauannya
2. Kecepatan transfer data

Contoh: LAN memiliki batasan area 2 KM tetapi mempunyai kecepatan transfer sampa 2 MBPS, sedangkan WAN memiliki jangakauan sampai ribuan KM tetapi mempunyai kecepatan transfer sampai dengan 64kbps.


1 komentar:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai Jaringan Komputer, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5214/1/DOKUMEN%20PRESENTASI.pdf
    Semoga bermanfaat!

    BalasHapus

Our Last Night Album Oak Island Acoustic

Track list : 01. Dark Storms (Acoustic) 02. I’ve Never Felt This Way (Acoustic) 03. Same Old War (Acoustic) 04. Reality Without You...