Jumat, 11 April 2014

Kinect dan Wii (Motion Detector)



CARA KERJA GAMING PLATFORMS AND DEVICE
I/O System : Wii ( Motion Detector ) Kinect (Gesture Recognition)
Disusun untuk memenuhi sebagai salah satu tugas Mata Kuliah
Interaksi Manusia & Komputer ( softskill )









Nama  : Dudu Abdusalam
Npm    :  22112265
Kelas   : 2 KB01






UNIVERSITAS GUNADARMA
2014


DAFTAR ISI

JUDUL
1.      PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang .....................................................................................................
1.2   Pengertian Kinect .................................................................................................
1.3   Inovasi hardware yang bekerja dalam sensor Kinect ..................................................
1.4   Game yang di gunakan di Kinect .........................................................................
1.5   Manfaat Kinect ....................................................................................................
1.6   Wii (Motion Detector ) ........................................................................................
KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA




1.1  LATAR BELAKANG
Dunia game kian memanjakan para penggunanya, kalau dulu kita biasa pake joystik, keyboard ataupun yang lainnya, maka kini tanpa menggunakan peralatan apapun ditangan anda, anda bisa memainkan beraragam game yang menarik. teknologi ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi beberapa kalangan terutama para gamer sejati, yakni bernama Kinect. Sebuah produk hasil besutan Microsoft beserta beberapa anak perusahaannya. Teknologi ini semakin mendekatkan game dengan lebih menonjolkan pengalaman(experience) dari gamer itu sendiri. Saat ini sudah banyak sekali game-game yang beredar dengan memanfaatkan teknologi Kinect ini, mulai dari yang bisa dibeli berupa DVD ataupun yang bisa di beli dari XBox Market. Beberapa screenshot dari game-game tersebut antara lain seperti di bawah ini.




Kinect didasarkan dari teknologi perangkat lunak yang dikembangkan secara internal oleh Rare, anak perusahaan dari Microsoft Game Studios milik Microsoft, dan teknologi kamera oleh pengembang Israel, PrimeSense. PrimeSense mengembangkan sistem yang dapat mengintepretasikan gestur secara spesifik, sehingga kontrol secara hands-free dapat dilakukan pada perangkat elektronik menggunakan proyektor infrared dan kamera, serta microchip khusus untuk melacak pergerakan objek dan individu pada bidang tiga dimensi. Sistem 3D scanner tersebut dinamakan Light Coding yang menggunakan variasi dari rekonstruksi gambar 3D
Sensor Kinect adalah batang horizontal yang terhubung dengan alas kecil yang memiliki poros yang dapat berputar. Sensor Kinect dirancang untuk diletakkan diatas maupun di bawah TV. Perangkat ini memiliki kamera RGB, sensor kedalaman dan mikrofon yang berjalan di perangkat software khusus, yang menyediakan kemampuan untuk menangkap gerak secara 3D, mengenali wajah dan mengenali suara. Saat diluncurkan, fitur pengenal suara hanya tersedia di Jepang, Amerika Serika Kanada, dan Inggris. Sekarang fitur ini tersedia di Australia, kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Jepang Meksiko, New Zealand Amerika Serikat dan Inggris. Sistem multi-mikrofon pada Sensor Kinect memungkinkan Xbox 360 untuk mengurangi suara bising, sehingga kegiatan seperti ngobrol secara hands-free dapat dilakukan lewat Xbox Live.
Sensor kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared dikombinasikan dengan sensor CMOS monokromatik, yang merekam data video 3D dalam kondisi pencahayaan apapun. Area pengenalan sensor kedalaman dapat diatur, dan perangkat lunak Kinect secara otomatis mampu mengkalibrasikan sensor berdasarkan permainan dan kondisi lingkungan pemain, mengenali keberadaan furnitur maupun halangan lain. Kinect secara simultan mampu mengenali hingga enam orang, termasuk dua pemain aktif untuk dianalisis gerakannya pada 20 titik sendi tiap orang. Namun, PrimeSense menyatakan bahwa jumlah orang yang dapat "dilihat" (tidak diproses sebagai pemain) hanya dibatasi oleh berapa banyak yang dapat masuk ke dalam jangkauan kamera.
Reverse engineering menentukan bahwa keluaran sensor Kinect pada frame rate 30Hz. Pengiriman video RGB menggunakan 8-bit resolusi VGA (640 x 480 piksel) dengan filter warna Bayer, sedangkan pengiriman video monokrom untuk deteksi kedalaman menggunakan resolusi VGA dengan 11-bit. Sensor Kinect memiliki area penggunaan 1.2-35 m (3.9-11 kaki).



1.2  PENGERTIAN KINECT
Kinect adalah perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft untuk Video Game XBOX 360 dan PC dengan system operasi Windows. Dengan menggunakan kamera yang mirip dengan webcam, memungkinkan Kinect untuk menangkap gerakan pengguna yang akhirnya pengguna tidak perlu menyentuh secara langsung controller game. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan yang alami.
Kinect dibangun dengan menggunakan teknologi sofware yang dikembangkan secara internal oleh Rare, sebuah perusahaan game dibawah Microsoft Game Studios milik Microsoft. Kamera pada kinect dikembangkan oleh pengembang asal Israel yakni PrimeSense, yang mengembangkan sebuah sistem yang mampu mengartikan gerakan secara tepat, yang akhirnya memungkinkan pengaturan tanpa tangan pada perangkat elektronik dengan menggunakan proyektor infrared dan camera dan sebuah microchip untuk mendeteksi gerakan obyek dalam 3 dimensi.

Sensor Kinect terdiri dari sebuah horizontal bar yang terhubung pada kaki kecil dengan sebuah poros yang dilengkapi motor dan didesain memanjang diatas atau dibawah video display. Alat ini memiliki sebuah kamera RGB, sensor kedalaman dan multi-array michrophone yang dilengkapi software, yang mampu menyajikan pengenalan secara 3D pada seluruh tubuh dan juga kemampuan pengenalan suara.
Sensor kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared yang dikombinasikan dengan sensor CMOS yang menangkap data video dalam bentuk 3D pada kondisi cahaya ambien. Jarak penginderaan dari sensor kedalaman dapat diatur, dan software Kinect secara otomatis mampu melakukan kalibrasi pada sensor berdasarkan gameplay dan lingkungan fisik pemain, mampu mengakomodasi adanya furnitur atau halangan lainnya.

1.3  INOVASI HARDWARE YANG BEKERJA DI DALAM SENSOR KINECT
  • Color VGA video camera
Camera video ini membantu dalam pengenalan wajah dan fitur deteksi lainnya dengan mendeteksi 3 komponen warna yaitu Red, Green, dan Blue. Microsoft menamakannya “RGB Camera” dengan mengacu pada 3 komponen warna tersebut
  • Depth Sensor
Depth sensor atau sensor kedalaman merupakan sebuah proyektor infrared dan sebuah sensor monochrome CMOS yang bekerja secara bersama-sama untuk “melihat” ruangan atau area dalam bentuk 3D dengan tanpa memperdulikan kondisi cahaya
  • Multi-array michrophones
Merupakan sebuah susunan yang terdiri dari 4 kamera yang dapat mengisolasikan suara dari pemain dengan suara-suara lain(noise) yang ada di ruangan. Hal ini memungkinkan pemain game untuk berada agak jauh dari microphone dan masih dapat menggunakan kontrol suara atau voice control

Lebih jauh tentang spesifikasi Kinect diketahui bahwa baik video ataupun sensor kedalaman memiliki resolusi sebesar 640 x 480 pixel dan berjalan pada 30 Frame Per Second. Dari spesifikasi Kinect juga diketahui bahwa kita bisa berada pada jarak sekitar 1.8 Meter antara pemain dan kamera kinecr.
Hardware Kinect, tidak akan bisa berperilaku secanggih saat ini jika tidak didukung dengan software canggih yang ada didalamnya yang mampu memanfaatkan data yang telah dikumpulkan dari pengguna Kinect. Lebih jauh dari software ini akan kita bahas pada tulisan lainnya.
1.4  BEBERAPA JUDUL GAME DI DALAM KINECT ANTARA LAIN:
  • KINECT RUSH: A Disney • PIXAR Adventure
  • Kinect Sports
  • Harry Potter and the Deathly Hallows™ – Part 1
  • Kung-Fu
  • Michael Jackson The Experience
  • Disneyland Adventures
  • Let’s Cheer!™
  • SpongeBob’s Surf & Skate Roadtrip
  • Jillian Michael’s Fitness Adventure
  • Family Game Night 4: The Game Show
  • Blackwater Kinect
  • The Gunstringer
  • Carnival Games: In Action
·  
1.5  MANFAAT KINECT
Anda termasuk salah seorang yanhg hobby bermanin game? Mungkin bisa mencoba salah satu .Bagi orang awam seperti saya ini mungkin bertanya apa sih kinect itu?. Kinect adalah perangkat tambahan yang memungkinkan pengendalian game menggunakan gerakan badan, tangan atau kaki, bahkan lewat suara. Seperti yang kita ketahui Kinnect itu  perangkat tambahan untuk game, namun sekarang dikembangkan  ke PC untuk memudahkan si pengguna meggunakan aplikasi yang lebih luas lagi.Nah baru-baru ini microsoft mengumumkan bahwa  Kinect untuk windows  telah tersedia dan bisa digunakan di Windows 7 ,Windows Embedded Standar 7 serta Windows 8 Developer preview (untuk perangkat desktop). Yang kita tahu Kinect hanya tersedia  sebagai perangkat pendukung konsol game Xbox , namun sekarang ini Kinect khusus dibuat untuk pengguna komputer dengan menggunakan sistem operasi windows.



Dengan Kinect yang telah diciptakan untuk PC tersebut kita pun mampu memberikan perintah atau  bermain game lewat gerakan tangan dan juga suara. Oleh karena itgu Kinect memang dikembangkan bukan hanya untuk game saja namun untuk aplikasi yang lebih luas lagi. Rencananya Kinect akan merevolusi untuk bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, dan juga sebagainya.

1.6.WII (MOTION DETECTOR)
Wiimote merupakan kontroler baru yang unik (yang dilengkapi sebuah Nunchuk sebagai kontroler tambahan untuk beberapa jenis game). Bentuknya yang kecil, serta harga yang murah merupakan hal-hal yang menjadi keunggulan konsol ini dibandingkan konsol saingannya. Wii berukuran panjang 8,5 mm dan luas 6 mm dengan ketebalan kurang dari 2 mm. Menggunakan stacking 3 DVD secara bersamaan, Wii akan terlihat cantik pada penampilan gambarnya.
Perangkat input utama untuk Nintendo Wii konsol.
• Diperkenalkan pada November 2006.
• "Gerak Sensing":
         • Posisi - relatif terhadap layar.
         • Orientasi - relatif terhadap layar.
         • Gerak - relatif terhadap posisi sebelumnya.
• Spesifikasi Detil:
Motion (relatif terhadap posisi sebelumnya perangkat) - percepatan sepanjang  X, Y, Z- sumbu - menggunakan ADXL 330 Accelerometer (Analog Devices).
Orientasi - menggunakan "sensor bar".
KESIMPULAN

1.      Kinect adalah perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft untuk Video Game XBOX 360 dan PC dengan system operasi Windows. Dengan menggunakan kamera yang mirip dengan webcam, memungkinkan Kinect untuk menangkap gerakan pengguna yang akhirnya pengguna tidak perlu menyentuh secara langsung controller game. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan yang alami
2.      Wiimote merupakan kontroler baru yang unik (yang dilengkapi sebuah Nunchuk sebagai kontroler tambahan untuk beberapa jenis game). Bentuknya yang kecil, serta harga yang murah merupakan hal-hal yang menjadi keunggulan konsol ini dibandingkan konsol saingannya.
















DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Our Last Night Album Oak Island Acoustic

Track list : 01. Dark Storms (Acoustic) 02. I’ve Never Felt This Way (Acoustic) 03. Same Old War (Acoustic) 04. Reality Without You...