CARA
KERJA GAMING PLATFORMS AND DEVICE
I/O System : Wii ( Motion
Detector ) Kinect (Gesture Recognition)
Disusun untuk memenuhi sebagai
salah satu tugas Mata Kuliah
Interaksi Manusia & Komputer
( softskill )
Nama : Dudu Abdusalam
Npm : 22112265
Kelas : 2 KB01
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
DAFTAR ISI
JUDUL
1. PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
.....................................................................................................
1.2 Pengertian
Kinect .................................................................................................
1.3 Inovasi hardware yang bekerja
dalam sensor Kinect ..................................................
1.4 Game yang
di gunakan di Kinect .........................................................................
1.5 Manfaat
Kinect
....................................................................................................
1.6 Wii
(Motion Detector ) ........................................................................................
KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA
1.1 LATAR BELAKANG
Dunia game kian memanjakan para penggunanya, kalau
dulu kita biasa pake joystik, keyboard ataupun yang lainnya, maka kini tanpa
menggunakan peralatan apapun ditangan anda, anda bisa memainkan beraragam game
yang menarik. teknologi ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi beberapa
kalangan terutama para gamer sejati, yakni bernama Kinect. Sebuah produk hasil
besutan Microsoft beserta beberapa anak perusahaannya. Teknologi ini semakin
mendekatkan game dengan lebih menonjolkan pengalaman(experience) dari gamer itu
sendiri. Saat ini sudah banyak sekali game-game yang beredar dengan
memanfaatkan teknologi Kinect ini, mulai dari yang bisa dibeli berupa DVD
ataupun yang bisa di beli dari XBox Market. Beberapa screenshot dari game-game
tersebut antara lain seperti di bawah ini.
Kinect
didasarkan dari teknologi perangkat lunak yang dikembangkan secara internal
oleh Rare, anak perusahaan dari Microsoft Game Studios milik Microsoft, dan
teknologi kamera oleh pengembang Israel, PrimeSense. PrimeSense mengembangkan
sistem yang dapat mengintepretasikan gestur secara spesifik, sehingga kontrol
secara hands-free dapat dilakukan pada perangkat elektronik menggunakan
proyektor infrared dan kamera, serta microchip khusus untuk melacak pergerakan
objek dan individu pada bidang tiga dimensi. Sistem 3D scanner tersebut
dinamakan Light Coding yang menggunakan variasi dari rekonstruksi gambar 3D
Sensor
Kinect adalah batang horizontal yang terhubung dengan alas kecil yang memiliki
poros yang dapat berputar. Sensor Kinect dirancang untuk diletakkan diatas
maupun di bawah TV. Perangkat ini memiliki kamera RGB, sensor kedalaman dan
mikrofon yang berjalan di perangkat software khusus, yang menyediakan kemampuan
untuk menangkap gerak secara 3D, mengenali wajah dan mengenali suara. Saat
diluncurkan, fitur pengenal suara hanya tersedia di Jepang, Amerika Serika
Kanada, dan Inggris. Sekarang fitur ini tersedia di Australia, kanada, Prancis,
Jerman, Irlandia, Jepang Meksiko, New Zealand Amerika Serikat dan Inggris. Sistem
multi-mikrofon pada Sensor Kinect memungkinkan Xbox 360 untuk mengurangi suara
bising, sehingga kegiatan seperti ngobrol secara hands-free dapat dilakukan
lewat Xbox Live.
Sensor
kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared dikombinasikan dengan sensor
CMOS monokromatik, yang merekam data video 3D dalam kondisi pencahayaan apapun.
Area pengenalan sensor kedalaman dapat diatur, dan perangkat lunak Kinect
secara otomatis mampu mengkalibrasikan sensor berdasarkan permainan dan kondisi
lingkungan pemain, mengenali keberadaan furnitur maupun halangan lain. Kinect
secara simultan mampu mengenali hingga enam orang, termasuk dua pemain aktif
untuk dianalisis gerakannya pada 20 titik sendi tiap orang. Namun, PrimeSense
menyatakan bahwa jumlah orang yang dapat "dilihat" (tidak diproses
sebagai pemain) hanya dibatasi oleh berapa banyak yang dapat masuk ke dalam
jangkauan kamera.
Reverse
engineering menentukan bahwa keluaran sensor Kinect pada frame rate 30Hz.
Pengiriman video RGB menggunakan 8-bit resolusi VGA (640 x 480 piksel) dengan
filter warna Bayer, sedangkan pengiriman video monokrom untuk deteksi kedalaman
menggunakan resolusi VGA dengan 11-bit. Sensor Kinect memiliki area penggunaan
1.2-35 m (3.9-11 kaki).
1.2 PENGERTIAN
KINECT
Kinect
adalah perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft
untuk Video Game XBOX 360 dan PC dengan system operasi Windows. Dengan
menggunakan kamera yang mirip dengan webcam, memungkinkan Kinect untuk
menangkap gerakan pengguna yang akhirnya pengguna tidak perlu menyentuh secara
langsung controller game. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan yang
alami.
Kinect
dibangun dengan menggunakan teknologi sofware yang dikembangkan secara internal
oleh Rare, sebuah perusahaan game dibawah Microsoft Game Studios milik
Microsoft. Kamera pada kinect dikembangkan oleh pengembang asal Israel yakni
PrimeSense, yang mengembangkan sebuah sistem yang mampu mengartikan gerakan
secara tepat, yang akhirnya memungkinkan pengaturan tanpa tangan pada perangkat
elektronik dengan menggunakan proyektor infrared dan camera dan sebuah
microchip untuk mendeteksi gerakan obyek dalam 3 dimensi.
Sensor
Kinect terdiri dari sebuah horizontal bar yang terhubung pada kaki kecil dengan
sebuah poros yang dilengkapi motor dan didesain memanjang diatas atau dibawah video
display. Alat ini memiliki sebuah kamera RGB, sensor kedalaman dan multi-array
michrophone yang dilengkapi software, yang mampu menyajikan pengenalan
secara 3D pada seluruh tubuh dan juga kemampuan pengenalan suara.
Sensor
kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared yang dikombinasikan dengan
sensor CMOS yang menangkap data video dalam bentuk 3D pada kondisi cahaya
ambien. Jarak penginderaan dari sensor kedalaman dapat diatur, dan software
Kinect secara otomatis mampu melakukan kalibrasi pada sensor berdasarkan
gameplay dan lingkungan fisik pemain, mampu mengakomodasi adanya furnitur atau
halangan lainnya.
1.3 INOVASI HARDWARE
YANG BEKERJA DI DALAM SENSOR KINECT
- Color VGA video camera
Camera video
ini membantu dalam pengenalan wajah dan fitur deteksi lainnya dengan mendeteksi
3 komponen warna yaitu Red, Green, dan Blue. Microsoft menamakannya “RGB
Camera” dengan mengacu pada 3 komponen warna tersebut
- Depth Sensor
Depth sensor
atau sensor kedalaman merupakan sebuah proyektor infrared dan sebuah sensor
monochrome CMOS yang bekerja secara bersama-sama untuk “melihat” ruangan atau
area dalam bentuk 3D dengan tanpa memperdulikan kondisi cahaya
- Multi-array michrophones
Merupakan
sebuah susunan yang terdiri dari 4 kamera yang dapat mengisolasikan suara dari
pemain dengan suara-suara lain(noise) yang ada di ruangan. Hal ini memungkinkan
pemain game untuk berada agak jauh dari microphone dan masih dapat menggunakan
kontrol suara atau voice control
Lebih jauh
tentang spesifikasi Kinect diketahui bahwa baik video ataupun sensor kedalaman
memiliki resolusi sebesar 640 x 480 pixel dan berjalan pada 30 Frame Per
Second. Dari spesifikasi Kinect juga diketahui bahwa kita bisa berada pada
jarak sekitar 1.8 Meter antara pemain dan kamera kinecr.
Hardware
Kinect, tidak akan bisa berperilaku secanggih saat ini jika tidak didukung
dengan software canggih yang ada didalamnya yang mampu memanfaatkan data yang
telah dikumpulkan dari pengguna Kinect. Lebih jauh dari software ini akan kita
bahas pada tulisan lainnya.
1.4 BEBERAPA
JUDUL GAME DI DALAM KINECT ANTARA LAIN:
- KINECT RUSH: A Disney • PIXAR Adventure
- Kinect Sports
- Harry Potter and the Deathly Hallows™ – Part 1
- Kung-Fu
- Michael Jackson The Experience
- Disneyland Adventures
- Let’s Cheer!™
- SpongeBob’s Surf & Skate Roadtrip
- Jillian Michael’s Fitness Adventure
- Family Game Night 4: The Game Show
- Blackwater Kinect
- The Gunstringer
- Carnival Games: In Action
·
1.5 MANFAAT KINECT
Anda
termasuk salah seorang yanhg hobby bermanin game? Mungkin bisa mencoba salah
satu .Bagi orang awam seperti saya ini mungkin bertanya apa sih kinect itu?.
Kinect adalah perangkat tambahan yang memungkinkan pengendalian game
menggunakan gerakan badan, tangan atau kaki, bahkan lewat suara. Seperti yang
kita ketahui Kinnect itu perangkat tambahan untuk game, namun sekarang
dikembangkan ke PC untuk memudahkan si pengguna meggunakan aplikasi yang
lebih luas lagi.Nah baru-baru ini microsoft mengumumkan bahwa Kinect untuk
windows telah tersedia dan bisa digunakan di Windows 7 ,Windows Embedded
Standar 7 serta Windows 8 Developer preview (untuk perangkat desktop). Yang
kita tahu Kinect hanya tersedia sebagai perangkat pendukung konsol game
Xbox , namun sekarang ini Kinect khusus dibuat untuk pengguna komputer dengan
menggunakan sistem operasi windows.
Dengan Kinect yang telah diciptakan untuk PC tersebut kita pun mampu memberikan perintah atau bermain game lewat gerakan tangan dan juga suara. Oleh karena itgu Kinect memang dikembangkan bukan hanya untuk game saja namun untuk aplikasi yang lebih luas lagi. Rencananya Kinect akan merevolusi untuk bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, dan juga sebagainya.
Dengan Kinect yang telah diciptakan untuk PC tersebut kita pun mampu memberikan perintah atau bermain game lewat gerakan tangan dan juga suara. Oleh karena itgu Kinect memang dikembangkan bukan hanya untuk game saja namun untuk aplikasi yang lebih luas lagi. Rencananya Kinect akan merevolusi untuk bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, dan juga sebagainya.
1.6.WII
(MOTION DETECTOR)
Wiimote merupakan kontroler baru
yang unik (yang dilengkapi sebuah Nunchuk sebagai kontroler tambahan untuk
beberapa jenis game). Bentuknya yang kecil, serta harga yang murah merupakan
hal-hal yang menjadi keunggulan konsol ini dibandingkan konsol saingannya. Wii
berukuran panjang 8,5 mm dan luas 6 mm dengan ketebalan kurang dari 2 mm.
Menggunakan stacking 3 DVD secara bersamaan, Wii akan terlihat cantik pada
penampilan gambarnya.
Perangkat
input utama untuk Nintendo Wii konsol.
• Diperkenalkan pada November 2006.
• "Gerak Sensing":
• Posisi - relatif terhadap layar.
• Orientasi - relatif terhadap layar.
• Gerak - relatif terhadap posisi sebelumnya.
• Diperkenalkan pada November 2006.
• "Gerak Sensing":
• Posisi - relatif terhadap layar.
• Orientasi - relatif terhadap layar.
• Gerak - relatif terhadap posisi sebelumnya.
•
Spesifikasi Detil:
Motion
(relatif terhadap posisi sebelumnya perangkat) - percepatan sepanjang X, Y, Z- sumbu - menggunakan ADXL 330
Accelerometer (Analog Devices).
Orientasi
- menggunakan "sensor bar".
KESIMPULAN
1.
Kinect
adalah perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft
untuk Video Game XBOX 360 dan PC dengan system operasi Windows. Dengan menggunakan
kamera yang mirip dengan webcam, memungkinkan Kinect untuk menangkap gerakan
pengguna yang akhirnya pengguna tidak perlu menyentuh secara langsung controller
game. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan yang alami
2.
Wiimote
merupakan kontroler baru yang unik (yang dilengkapi sebuah Nunchuk sebagai
kontroler tambahan untuk beberapa jenis game). Bentuknya yang kecil, serta
harga yang murah merupakan hal-hal yang menjadi keunggulan konsol ini
dibandingkan konsol saingannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar